Hutang Kok Buat Sedekah??

21.31 / Diposting oleh Phyrman /

Kata guru ngaji-ku, sebagai manusia yang beriman dan beragama sudah selayaknya kita berbagi dengan saudara-saudara lain yang belum diberi kenikmatan duniawi berlebih. Terlebih buat keluarga yang untuk sekedar makan tiga kali sehari aja susah, ada hak mereka atas harta kita. Dan saya pikir memang tiap agama juga mengajarkan umatnya untuk berbagi dech…

Dalam islam, kewajiban untuk berbagi dari sebagian harta disebut zakat, yang lainnya sunah kecuali ada perjanjian. Zakat yang wajib diberikan jika harta kita sudah mencapai nisab (ketentuan minimal jumlah harta-red) disebut zakat maal atau zakat harta. Dan nilainya pun tidak besar dan tidak bikin miskin pemiliknya, hanya 2,5% dari total harta. Jadi semakin kaya seseorang maka otomatis akan semakin banyak nilai harta yang dizakatkan. Menurutku ini fair kok, kalo Gusti Allah memberi rejeki banyak, maka yang harus dibagi juga banyak dong.

Namun islam juga membatasi jumlah sedekah kepada orang lain. Dalam aturan fiqih, jumlah maksimum yang boleh diberikan kepada orang lain sebagai sedekah nilainya tidak boleh lebih dari 1/3 total harta kekayaannya, kecuali atas kesepakatan dengan ahli warisnya. Artinya si pemilik harta dilarang bersedekah seluruh harta miliknya, sehingga dirinya menjadi miskin. Karena ada hak ahli waris dan hak keluarga yang wajib dihidupi atas hartanya tersebut. Juga ada hak diri si pemilik untuk berkembang; misal untuk belajar, berwiraswasta dll.

Intinya bersedekah memang wajib dan baik, tapi tidak boleh sampai menyengsarakan dirinya dan keluarganya yang wajib dihidupi. Tetap ada prioritas tanggung jawab sosial kedepan terhadap orang terdekatnya.

Karena ada aturan seperti itu, maka orang yang tidak mampu bersedekah, karena hartanya belum mencapai nisab, juga tidak dosa seandainya tidak berbagi kepada orang miskin. Malah menjadi dosa, jika gara-gara bersedekah, malah keluarganya menjadi sengsara. Apalagi kalau memaksakan diri “berhutang”, hanya sekedar untuk bersedekah.

Saya tidak tahu hukumnya secara fiqih, tetapi pandangan saya pribadi, ini bisa menjadi masalah karena dengan berhutang, maka ahli waris atau keluarganya yang akan terbebani hutang tersebut. Dalam fiqih, hutang juga merupakan warisan yang harus dibayarkan oleh anggota keluarga, jika si penghutang meninggal dunia.

Makanya saya agak bingung dengan logika pemikiran pemerintah yang “bersedekah” dengan memberi bantuan BLT kepada fakir miskin, tapi uangnya berasal dari hutang luar negeri.

Logika saya, jika si pejabat yang memberikan BLT sudah meninggal dunia atau tidak menjabat lagi, maka hutang tersebut harus ditanggung oleh ahli warisnya yaitu rakyat Indonesia dan anak cucu nya. Karena hutang tersebut kan tidak bersifat pribadi, tapi atas nama negara. Udah gitu jumlahnya sampai trilyunan lagi hehehe…

Begitu mendengar berita bahwa bantuan BLT dari hutang LN, ditambah lagi dengan munculnya informasi bahwa pemerintah periode 2004-2009 adalah penghutang terbesar sepanjang sejarah berdirinya bangsa Indonesia. Saya langsung ilfeel dech hehehe…


Beberapa hari lalu, saya membaca status FB kawanku yang menulis tentang underlying asset sukuk pemerintah. Awalnya saya bingung, maklum sebagai rakyat awam, istilah ekonomi yang njlimet kayak gitu tidak masuk dalam memory hehehe… Karena penasaran, saya nanya ke temanku lain yang kebetulan kantornya pernah jadi agency iklan sebuah perusahaan securitas yang mengedarkan SUN (Surat Utang Negara) dan sukuk pemerintah.

Katanya, perbedaan gampangnya adalah kalo SUN itu cukup dengan jaminan pemerintah, tapi kalo sukuk karena berbasis hukum perbankan syariah maka harus ada jaminan barang real atau nyata.

Dan menurut berita, beberapa bulan sebelumnya pemerintah pernah berencana untuk menjaminkan Gelora Bung Karno!!! Kawasan yang juga menjadi symbol kedaulatan bangsa, selain istana negara.

Jika hal ini benar2 terlaksana, maka seandainya kedepan pemerintah Indonesia gagal membayar hutang sukuk nya, maka Gelora Bung Karno akan disita atau menjadi milik si penghutang.

Menurutku ini agak ngawur juga, kenapa nggak sekalian istana negara aja dijaminkan, jadi presiden berikutnya bisa memerintah dari kantor sewaan di senayan city hehehe…


Celesta, 14 Juni 2009

Dwi Firmansyah
http://ruangstudio.blogspot.com


Cuplikan Berita Terkait:

Gelora Bung Karno Jadi Jaminan Sukuk
INILAH.COM, Jakarta .18/02/2009 - Pemerintah merencanakan untuk menjaminkan aset Gelora Bung Karno dalam penerbitan SBSN. Namun masih dalam pengkajian sebelum meminta persetujuan dari DPR.
Hal tersebut disampaikan Direktur Pembiayaan Syariah, Direktorat Pengelolaan Utang
Depkeu Dahlan Siamat usai sosialisasi penerbitan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) di Jakarta, Rabu (18/2).

"Setelah menjaminkan aset Depkeu senilai Rp 13,6 triliun, kita akan menjaminkan aset Gelola Bung Karno untuk penerbitan SBSN berikutnya," katanya.

Aset Gelora Bung Karno saat ini bernilai Rp 50 triliun. Pemerintah hanya menjaminkan senilai Rp 21 triliun, jadi tidak semuanya dijaminkan. Langkah ini dimungkinkan karena
dalam UU SBSN, pemerintah diperbolehkan menjaminkan aset negara dalam penerbitan SBSN.

Namun masih menghadapi kendala karena untuk menjamin surat berharga syariah, semua aset harus dikelola secara syariah. Sebab, dalam Gelora Bung Karno terdapat aset hotel, kafe maupun klab malam yang diragukan dari sisi syariahnya.
"Selain itu ada beberapa aset yang belum jelas dari sisi kepemilikan," tandasnya. [tra]

Sumber: http://www.inilah.com



Utang Masa Pemerintahan SBY-JK Terbesar
Jumat, 12 Juni 2009 | 03:19 WIB

Jakarta, Kompas - Koalisi Organisasi Masyarakat Sipil mencatat, pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono dan Jusuf Kalla memperbesar utang dalam jumlah sangat besar. Posisi utang tersebut merupakan utang terbesar sepanjang sejarah RI.

Koalisi terdiri dari Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran, Perkumpulan Prakarsa, Perhimpunan Pengembangan Pesantren & Masyarakat (P3M), Gerakan Antipemiskinan Rakyat Indonesia, Lembaga Advokasi Pendidikan Anak Marginal, Pusat Telaah dan Informasi Regional, Asosiasi Pendamping Perempuan Usaha Kecil, dan Publish What You Pay.

”Prestasi paling menonjol dari pemerintahan SBY-JK adalah utang kita meningkat. Ini catatan tersendiri,” kata Abdul Waidl dari P3M, Kamis (11/6).

Berdasarkan catatan koalisi, utang pemerintah sampai Januari 2009 meningkat 31 persen dalam lima tahun terakhir. Posisi utang pada Desember 2003 sebesar Rp 1.275 triliun. Adapun posisi utang Januari 2009 sebesar Rp 1.667 triliun atau naik Rp 392 triliun.

Apabila pada tahun 2004, utang per kapita Indonesia Rp 5,8 juta per kepala, pada Februari 2009 utang per kapita menjadi Rp 7,7 juta per kepala.

Memerhatikan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2004-2009, koalisi menilai rezim sekarang ini adalah rezim antisubsidi.

Hal itu dibuktikan dengan turunnya secara drastis subsidi. Pada tahun 2004 jumlah subsidi masih sebesar 6,3 persen dari produk domestik bruto. Namun, sampai 2009, jumlah subsidi untuk kepentingang rakyat tinggal 0,3 persen dari PDB. (sut)

Sumber: http://cetak.kompas.com

Label:

16 komentar:

Anonim on 1 Desember 2010 pukul 20.12

Dwi Firmansyah
http://ruangstudio.blogspot.com

saya pikir anda tidak lebih hebat dari pada Ustazd Yusuf Mansyur,makanya sebelum tulis artikel untuk umum, belajar dulu aja ilmu agama kalau dah pinter baru dah biar artikel yg anda tulis bisa untuk pencerahan masyarakat umum

Comment by Unknown on 8 Desember 2015 pukul 02.04

anda harus banyak belajar tentang sedekah.

Comment by fatimah on 7 Februari 2018 pukul 05.44

Hai semua
Kedamaian kepada anda, saya MRS GRACE MORGAN.
saya seorang Muslim
Saya ingin memberitahu anda mengenai tawaran kami,
Kami menawarkan semua jenis pinjaman dalam mata wang yang berlainan,
Jadi bersumpah kepada ALLAH,
Jangan sekali-kali menipu sesiapa sahaja dari Wang mereka,
Jika anda telah ditolak oleh bank dan ditipu oleh penipu,
Ini adalah syarikat yang betul yang akan membantu anda mendapatkan semua wang anda,
Kami juga mempunyai orang yang benar-benar mendapat manfaat daripada syarikat itu.
Sila hubungi Encik Maureen melalui Maureenwiwik@gmail.com,
Dia akan memberitahu bagaimana kita meminjamkan dia 1 bilion dolar dalam tempoh kurang daripada 48 jam.
Kami menawarkan pinjaman dengan kepentingan 1-5%.
Kami berada di sini untuk membuat sesuatu masalah anda dari masa lalu !!
Sila e-mel kepada kami sekaligus, kami menjamin rawatan segera
Dalam masa 48 jam.
Kami menawarkan jumlah pinjaman EUR 2000-900000 dan Tempoh Pembayaran
(1-30 tahun) untuk bayaran balik.
Hubungi: Gracemorganloancompany@gmail.com atau BMM = D8E91A28

Comment by Unknown on 8 Februari 2018 pukul 17.59

Saya adalah Ibu Nur Amalina, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka adalah banyak scammers dan pemberi pinjaman pinjaman palsu di internet. Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana Tuhan menolong saya dengan mengarahkan saya kepada pemberi pinjaman asli, setelah itu saya telah scammed oleh beberapa pemberi pinjaman di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang kemudian menyebut saya sebagai pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Mrs. Charity meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 750 juta rupiah Indonesia (Rp750.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan dan hanya dengan suku bunga 2% saja.

Saya sangat terkejut saat memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya ajarkan dikirim langsung ke akun saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, silakan hubungi dia melalui email: (charitywhitefinancialfirm@gmail.com) dan dengan rahmat Tuhan dia tidak akan mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda memenuhi persyaratannya.

Anda juga bisa menghubungi saya di email saya: (nuramalinasofiyani05@gmail.com) Akan melakukan yang terbaik untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening bulanan. Itulah alasan Tuhan Yang Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

Comment by Unknown on 8 Februari 2018 pukul 18.22

Saya adalah Ibu Nur Amalina, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka adalah banyak scammers dan pemberi pinjaman pinjaman palsu di internet. Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana Tuhan menolong saya dengan mengarahkan saya kepada pemberi pinjaman asli, setelah itu saya telah scammed oleh beberapa pemberi pinjaman di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang kemudian menyebut saya sebagai pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Mrs. Charity meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 750 juta rupiah Indonesia (Rp750.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan dan hanya dengan suku bunga 2% saja.

Saya sangat terkejut saat memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya ajarkan dikirim langsung ke akun saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, silakan hubungi dia melalui email: (charitywhitefinancialfirm@gmail.com) dan dengan rahmat Tuhan dia tidak akan mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda memenuhi persyaratannya.

Anda juga bisa menghubungi saya di email saya: (nuramalinasofiyani05@gmail.com) Akan melakukan yang terbaik untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening bulanan. Itulah alasan Tuhan Yang Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

Comment by Alfred Nehemia on 1 April 2018 pukul 20.36

Kabar baik!! pencari pinjaman !!!

Nama saya Alfred Daniel Nehemia dari bali Indonesia, roti CEO Daniel Bakery, Pertama-tama saya akan mengatakan bahwa Tuhan harus memberkati Lady jane karena mengenalkan saya kepada perusahaan pinjaman yang jujur ​​dan halal sehingga saya benar-benar percaya bahwa Anda memberi tahu rekan kerja bahwa saya mempunyai Ide bagus untuk memulai bisnis sendiri karena mendapat pekerjaan tidak mudah jadi saya pergi ke bank untuk mendapatkan pinjaman (Rp800 juta) tapi mereka semua meminta uang muka sebesar jumlah pinjaman saya tapi satu-satunya properti yang saya miliki adalah motor. Sepeda, yang membuat saya merasa kecewa
Jadi saya mencari perusahaan pinjaman online tapi kebanyakan menipu dan menipu, saya hampir kehilangan harapan dan kepercayaan diri sampai saya membaca artikel tentang lady jane tapi saya tidak sempat menutup tapi membaca artikelnya jadi saya mencoba pencarian online lain yang disebut craigslist. org dimana saya melihat iklan perusahaan Dangote Loan jadi saya memutuskan untuk melamar dan menghubungi lady jane juga

Dangote Loan Company memberikan pinjaman dengan tingkat suku bunga 2% dan tidak kurang dari Rp20 juta

Saya mengikuti prosedur di sana, memberikan semua yang diminta, saya juga sangat takut, tapi untuk kemuliaan tuhan, doaku dijawab dan uang pinjaman saya ditransfer ke saya tanpa masalah.

jadi jangan buang waktu anda kontak Dangote perusahaan pinjaman Via dangotegrouploandepartment@gmail.com

Anda juga bisa mencari di google untuk informasi lebih lanjut, ini nyata dan sangat nyata atau hubungi saya juga melalui email di alfreddaniel324@gmail.com dan juga di BBM: 7AEA8FA5

Comment by Mohammad Ismali on 6 Maret 2019 pukul 11.08

kesaksian nyata dan kabar baik !!!

Nama saya mohammad, saya baru saja menerima pinjaman saya dan telah dipindahkan ke rekening bank saya, beberapa hari yang lalu saya melamar ke Perusahaan Pinjaman Dangote melalui Lady Jane (Ladyjanealice@gmail.com), saya bertanya kepada Lady jane tentang persyaratan Dangote Loan Perusahaan dan wanita jane mengatakan kepada saya bahwa jika saya memiliki semua persyarataan bahwa pinjaman saya akan ditransfer kepada saya tanpa penundaan

Dan percayalah sekarang karena pinjaman rp11milyar saya dengan tingkat bunga 2% untuk bisnis Tambang Batubara saya baru saja disetujui dan dipindahkan ke akun saya, ini adalah mimpi yang akan datang, saya berjanji kepada Lady jane bahwa saya akan mengatakan kepada dunia apakah ini benar? dan saya akan memberitahu dunia sekarang karena ini benar

Anda tidak perlu membayar biayaa pendaftaran, biaya lisensi, mematuhi Perusahaan Pinjaman Dangote dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda

untuk lebih jelasnya hubungi saya via email: mahammadismali234@gmail.com
dan hubungi Dangote Loan Company untuk pinjaman Anda sekarang melalui email Dangotegrouploandepartment@gmail.com

Comment by COLLINS GUZMAN FUNDINGS on 30 Maret 2019 pukul 00.18

Are You In Need Of A Private Or Business Loans At 2% Rate For Various
Purposes? If Yes; Contact us: collinsguzmanfundings@gmail.com/WhatsApp:

+1 (786) 598-8751


*Full Name:_________

*Address:_________

*Tell:_________

*loan amount:_________

*Loan duration:_________

*Country:_________

*Purpose of loan:_________

*Monthly Income:__________

*Occupation__________

*Next of kin:_________

*Email :_________

Thanks and best regards
Mr Collins Guzman

Comment by COLLINS GUZMAN FUNDINGS on 30 Maret 2019 pukul 00.59

Are You In Need Of A Private Or Business Loans At 2% Rate For Various
Purposes? If Yes; Contact us: collinsguzmanfundings@gmail.com/WhatsApp: +1 (786) 598-8751


*Full Name:_________

*Address:_________

*Tell:_________

*loan amount:_________

*Loan duration:_________

*Country:_________

*Purpose of loan:_________

*Monthly Income:__________

*Occupation__________

*Next of kin:_________

*Email :_________

Thanks and best regards
Mr Collins Guzman

Anonim on 22 April 2019 pukul 06.03

BERLAKU UNTUK PINJAMAN PRIBADI DENGAN TINGKAT BUNGA SANGAT RENDAH

Halo,

Apakah Anda berhutang budi kepada beberapa orang?
Apakah Anda memerlukan dukungan finansial?
Apakah skor kredit Anda buruk?
Apakah bank telah menolak Anda?

Tugas kami adalah untuk mendukung Anda dalam upaya keuangan Anda sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi. Reagan Loan Company hadir di sini untuk menyederhanakan pinjaman dan membantu Anda mendanai bisnis Anda dan kami akan membantu Anda melalui prosedur pinjaman yang mudah dan Anda yakin dengan pinjaman kami. Yang harus Anda lakukan adalah memberi kami kredensial Anda dan kepercayaan Anda dapat diterapkan kepada kami dari mana saja

Dari kategori bisnis apakah Anda termasuk kami yang meminjamkan dan dengan paket pembayaran mudah Anda akan bebas dan lega
Sebagai pelaku bisnis, Anda dapat menerapkan dalam mata uang apa pun yang Anda inginkan.

Anda bisa mendaftar sekarang

Perusahaan Pinjaman Reagan
Email: reaganloancompany@gmail.com
Richards Anderson

Anonim on 22 April 2019 pukul 09.08

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Negara: Indonesia
Nama: Queen Jamillah
Alamat: Nusa Lembongan
Telepon:+62 877-8303-2269
WhatsApp:+62 877-8303-2269
e_mail: queenjamillah09@gmail.com
  Sudah dua tahun sekarang saya memberikan kesaksian tentang bagaimana saya meminjam jumlah 700 juta dari Iskandar Lestari Loan Company dan beberapa orang meragukan saya karena tingkat penipu online saya bisa membuktikan kepada Anda semua bahwa Bunda Iskandar bukan pemberi pinjaman yang curang. telah memberi saya satu hal lagi untuk tersenyum karena setelah menyelesaikan angsuran bulanan pinjaman yang saya pinjam sebelum saya memohon kepada ibu bahwa saya ingin pergi untuk ekspansi lebih lanjut dari bisnis saya sehingga saya mengajukan jumlah 2,7 miliar setelah melalui proses hukum transaksi saya disetujui oleh pihak berwenang dan dalam waktu tiga hari proses hukum untuk menyalurkan pinjaman saya ke rekening Bank Rakyat Indonesia (BRI) saya tercapai dengan mudah. ​​Saya tidak memiliki tantangan dengan Bank Indonesia (BI) karena Ibu Iskandar dan tim Manajemen dari ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY telah dianggap sebagai pemberi pinjaman yang sah sehingga tidak ada masalah sama sekali untuk bantuan keuangan, hubungi ISKANDAR LENDERS hari ini melalui llow informasi kontak
(e_mail: [iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]

Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh.

Comment by Azmi on 1 Mei 2019 pukul 07.19

Nama saya Azmi, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman, mereka banyak penipu dan peminjam pinjaman palsu di internet. Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana ALLAH membantu saya dengan Bunda Alicia Radu setelah saya tertipu oleh 6 pinjaman pemberi pinjaman. Saya hampir kehilangan harapan sampai ALLAH menggunakan ROBBI dari saya untuk mendapatkan pinjaman saya sebesar RM 10.000 dari ibu Alicia Radu dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan dan hanya dengan suku bunga 2%.

Saya sangat terkejut ketika memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya kirim dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Jadi saya berjanji akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda membutuhkan pinjaman, hubungi email ibu Alicia Radu: (aliciaradu260@gmail.com) dan dengan rahmat ALLAH Dia tidak akan mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman.

dan Anda masih dapat menghubungi ROBBI yang memperkenalkan saya kepada ibu Alicia Radu melalui email: (robbi5868@gmail.com)

Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya: (azmi88455@gmail.com) jika Anda memerlukan informasi tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman dari Ibu Alicia Radu,
semoga ALLAH terus memberkati ibu Alicia Radu And is Family

Comment by Dr Purva Pius on 11 Mei 2019 pukul 16.36

Hello Everybody,
My name is Mrs Sharon Sim. I live in Singapore and i am a happy woman today? and i told my self that any lender that rescue my family from our poor situation, i will refer any person that is looking for loan to him, he gave me happiness to me and my family, i was in need of a loan of $250,000.00 to start my life all over as i am a single mother with 3 kids I met this honest and GOD fearing man loan lender that help me with a loan of $250,000.00 SG. Dollar, he is a GOD fearing man, if you are in need of loan and you will pay back the loan please contact him tell him that is Mrs Sharon, that refer you to him. contact Dr Purva Pius, call/whats-App Contact Number +918929509036 via email:(urgentloan22@gmail.com) Thank you.

Comment by elizebethisaacloancompany@gmail.com on 11 Juni 2019 pukul 11.03

Selamat siang pak / nyonya

Kami menyambut Anda ke PERUSAHAAN PINJAMAN ELIZEBETH ISAAC, di mana kami memberikan pinjaman asli dan serius seperti:



LAYANAN PINJAMAN TERSEDIA TERMASUK:
================================
* Pinjaman Komersial.
* Pinjaman pribadi.
* Pinjaman Bisnis.
* Pinjaman Investasi.
* Pinjaman Pembangunan.
* Pinjaman Akuisisi.
* Pinjaman konstruksi.
* Pinjaman Kartu Kredit
* Pinjaman Konsolidasi Utang
* Pinjaman bisnis dan lainnya:

Kami memberikan pinjaman bunga 2% tanpa agunan, sehingga kami dapat mengatakan bahwa kami memberikan PINJAMAN TANPA Agunan, Anda tidak perlu merasa buruk atau kecewa dengan bank yang meminta agunan, cukup hubungi kami dengan mengirim email kepada kami di:

elizebethisaac@gmail.com

Terima kasih

kami menunggu untuk mendengar dari Anda segera

Comment by Ny. SISKA WIBOWO on 22 Januari 2020 pukul 20.44

Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

Comment by Pak. WIDODO on 17 Februari 2020 pukul 14.08

Halo semuanya!!! Bantu saya berterima kasih kepada Bunda Esther

Saya Widodo saya tinggal di Medan di Indonesia, saya telah mencari pinjaman selama beberapa tahun. Saya 6 kali menjadi korban penipuan dengan pemberi pinjaman palsu yang telah menghancurkan hidup saya, saya memang mencoba bunuh diri karena mereka. Karena saya punya hutang dan tagihan yang harus dibayar. Saya pikir ini sudah berakhir untuk saya, saya tidak lagi memiliki perasaan hidup. Saya hampir menyerah, tidak sampai saya mencari saran dari teman SISKA WIBOWO (siskawibowo71@gmail.com) yang kemudian mengarahkan saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal, Ny. ESTHER PATRICK yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 150 juta Rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan pada tingkat bunga lebih rendah dari 2%. (estherpatrick83@gmail.com)

Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya terapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres . silakan hubungi ibu sekarang estherpatrick83@gmail.com

Dan saya tahu sebagian besar dari Anda juga telah menjadi korban penipuan, Anda tidak perlu repot lagi karena saya harus menyampaikan kabar baik dan satu-satunya pemberi pinjaman yang dapat Anda percayai, Jadi saya tidak dapat menyimpan ini untuk diri saya sendiri sehingga saya harus mulai dengan membagikan kesaksian tentang mengubah hidup ini bahwa Anda dapat menghubungi saya melalui email (widodocepi@gmail.com) Ny. Esther Patrick Saya selamanya Bersyukur atas Segala yang telah Anda lakukan untuk saya.

Posting Komentar